Guru, inspirator bagi siswanya

5 Jun 2011

juan-motivation.blogspot.com

juan-motivation.blogspot.com

Guru sebagaimana kita ketahui, banyak yang menafsirkan sebagai seorang yang serba bisa dihadapan peserta didiknya, sehingga akan merasa malu atau gengsi jika seorang guru kalah ilmu dihadapan siswanya.
Sebenarnya guru sebagaimana dilukiskan Earl V Pullias dan james young bukan hanya menjadi sumber pentransfer ilmu pengetahuan akan tetapi juga berperan sebagai pembimbing, pemberi teladan, moderator, modernisator, peneliti, atau paling tidak sebagai pemberi inspirasi bagi siswanya.
Dengan demikian , guru yang mengambil peran sebagai inspirator, secara langsung dituntut untuk memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, luwes dalam berkomunikasi, rendah hati, selalu ingin belajar dan bekerja keras, fleksibilitas dalam bergaul, berani bersikap, memiliki prinsip dalam kebenaran, dan yang paling utama tidak merasa bosan menjadi seorang pendidik.
Coba bayangkan, seandainnya guru memperlihatkan kebosanannya sebagai seorang pendidik di hadapan siswa siswanya, maka apa yang terjadi? Siswa akan kehilangan semangat untuk belajar dari gurunya.
Sebagai contoh : bila seorang guru selalu berkeluh kesah dihadapan siswanya tentang pahitnya menjadi guru, gajinya yang kecil, kebutuhan rumah tangganya yang selalu kekurangan, cicilan motornya yang belum lunas, belum memiliki rumah sendiri dan lain sebagainnya, maka selain siswa akan merasa berdosa, merekapun akan enggan untuk bertannya dengan pertanyaan pertanyaan yang kritis , karena mereka merasa bersalah menambah beban gurunya dengan pertanyaan pertanyaan yang kritis.Akibatnya, siswa akan kehilangan inspirasi untuk berfikir dan berwawasan lebih luas
Sebenarnya, kalau kita renungkan, jika seorang guru mampu menjadi seorang fasilitator dan inspirator, maka penghargaan dan rasa simpati dari siswa siswinya akan muncul dengan sendirinya, bukan penghargaan secara material yang akan diperoleh tetapi lebih berharga dari itu, guru akan mendapat penghargaan non material yang tinggi terhadap pribadinya. Sehingga tidak salah kalau guru inspirator adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang patut di Gugu dan diTiru.


TAGS


-

Author

Follow Me